Empat BUMN Masuk Daftar Perusahaan Global Versi Forbes

INC Updates

by Toto Pranoto

Empat BUMN Masuk Daftar Perusahaan Global Versi Forbes

BUMNINC.COM. Pandemi tak menghalangi prestasi. Terbukti 6 perusahaan publik dari Indonesia masuk dalam ‘Global 2000: The World`s Largest Public Companies’ yang dipublikasikan oleh Forbes, salah satu majalah ekonomi terkemuka di dunia. Dari 6 perusahaan publik yang masuk dalam daftar tersebut, 4 di antaranya merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan sisanya perusahaan telekomunikasi dan rokok.

Bank BRI menempati posisi tertinggi dari 6 perusahaan publik tersebut. Ini artinya, Bank BRI menempati posisi tersebut dalam enam tahun berturut-turut. Tahun lalu, Bank BRI berada di peringkat 363, sedangkan tahun ini merangkak naik ke peringkat 347.

‘Global 2000: The World’s Largest Public Companies’ merupakan daftar 2.000 perusahaan public global terbesar di dunia. Daftar ini bersumber dari data sistem Factset Research yang melakukan seleksi terhadap 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia. Kriterianya berdasarkan penjualan, keuntungan, aset, dan nilai pasar.

Sebenarnya, perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar ‘Global 2000: The World’s Largest Public Companies’ tahun 2020 tidak berubah jauh dibanding tahun sebelumnya. Bank BRI masih menduduki posisi teratas, dan Bank Mandiri, yang tahun lalu berada di posisi kedua, tergeser oleh Bank BCA. Posisi selanjutnya masih sama seperti tahun lalu, yakni Telkom Indonesia, Bank BNI, dan Gudang Garam pada posisi keenam.

Bagi Bank BRI, pencapaian ini ibarat angin segar di tengah situasi sulit akibat pandemi. Setidaknya hal ini diungkapkan oleh Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto. Ia mengatakan, “Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi terhadap kinerja BRI dalam mendorong kemajuan UMKM dan menjaga roda perekonomian di Indonesia.” Apalagi menurutnya, saat ini hampir semua korporasi di dunia menghadapi tekanan luar biasa akibat pandemi COVID-19.