Salam Redaksi,

Tiga tahun berkiprah sebagai portal media BUMN yang memberi diferensiasi dari media pada umumnya, menjadikan BUMNINC memiliki konsentrasi penuh terhadap berbagai isu bisnis milik negara. Mengerucut dari pilihan tersebut, kami menaruh perhatian besar agar BUMN dapat masuk ke kancah global.

Memang memerlukan upaya ekstra, karena BUMN sebagai bisnis yang berorientasi profit, BUMN juga dipertahankan sebagai kepanjangan tangan negara dalam pelayanan publik atau public service obligation (PSO). Sejak awal, kami menawarkan satu obat mujarab untuk situasi ini, yaitu ide holding. Studi benchmarking terhadap badan usaha negara atau State Owned Enterprises (SOEs) di berbagai negara menunjukkan, terjadi economic scaling-up pada perusahaan milik negara, sehingga dapat melakukan ekspansi bisnis.

Pengalaman serupa ini bukan tidak terjadi di Indonesia, beberapa holding BUMN yang telah direalisasikan dalam satu dekade terakhir memberikan situasi yang cukup menggembirakan. Misalnya, hal itu terjadi pada Semen Indonesia.

Sebelum berbicara holding, kami juga memperhatikan gerakan terobosan bisnis yang dilakukan oleh beberapa BUMN, misalnya yang dilakukan oleh INKA yang tanpa perlu membuat holding terlebih-dahulu, ia membangun konsorsium bisnis terintegrasi pada pertambangan up stream dan down stream di beberapa negara yang selama ini menjadi target pasarnya.

Hal serupa itu juga, namun berskala domestik, tak terhitung betapa banyaknya BUMN yang melakukan integrasi layanan, sehingga menjadikan fungsi PSO berjalan efektif. Istilahnya, terjadi incorporation antara entitas bisnis yang dikuasai negara supaya menjadi entitas bisnis yang dapat berkembang baik. Istilah itu kami lekatkan pada nama portal berita ini, BUMNINC yang merupakan kepanjangan dari BUMN Incorporation.

Itulah harapan yang kami sematkan pada nama portal berita, yang telah tiga tahun ini menemani para stakeholder BUMN. Kami terus berupaya untuk dapat menyajikan berbagai layanan ini, supaya turur berakselerasi mendukung kemajuan BUMN.
Terima kasih atas kerja sama yang terjalin selama ini, kini, dan lebih jauh kedepan.



       Hormat kami,



         Jajang Y. Habib

       Managing Director